RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Download contoh RPP Kelas III Tema 1 Subtema 3 K13 Revisi 2018 Pembelajaran 1 2 3 4 5 6
Sebagai persiapan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di tahun ajaran baru, maka pada kesempatan artikel ini Admin akan membagikan contoh dan link download untuk file RPP untuk kegiatan pembelajaran pada semester 1 ganjil. RPP yang Admin bagikan merupakan revisi 2018 sesuai dengan materi pada Buku Guru dan Siswa edisi revisi terbaru dari Kemendikbud.

Bagi Bapak dan Ibu yang merupakan Guru Kelas 3 dan pada kesempatan artikel ini sedang mencari file Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 untuk tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Subtema 3 yang berjudul Pertumbuhan Hewan, Anda dapat menggunakan file yang Admin bagikan dibawah ini. Silahkan untuk Bapak dan Ibu menyimaknya dan jika ingin memiliki file lengkapnya Anda dapat unduh secara lengkap dalam bentuk file docx (ms.word) dan Pdf untuk setiap pembelajaran 1 2 3 4 5 6.

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Pembuatan RPP sesuai dengan Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai nilai luhur.

RPP atau Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh seorang guru SD MI untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) pada hari tersebut, kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Kelas 3 tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Subtema 3 Pertumbuhan Hewan Kurikulum 2013 Revisi 2018

Lalu pada jenjang apa saja RPP harus dibuat? Tentunya pada semua jenjang pendidikan bagi setiap Guru/ Pendidik yang akan melaksanakan pembelajaran. Apakah RPP sulit untuk dibuat? Tentunya tidak, pembuatan RPP dapat dikatakan mudah, Bapak dan Ibu tinggal memahami pengertian dan fungsinya kemudian menyiapkan materi serta mengikuti komponen dalam penyusunan RPP.

Kurikulum yang digunakan di negera kita pada saat ini yaitu Kurikulum 2013 K13 dan Kurikulum 2006 atau KTSP. Jadi bagi Bapak dan Ibu yang akan membuat RPP tentunya harus memahami dulu RPP pada kurikulum manakah yang akan dibuat.

RPP untuk Kelas III harus dibuat secara lengkap dan sistematis agar kegiatan pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.

RPP memiliki fungsi yang penting dalam kegiatan belajar mengajar yaitu agar guru lebih siap dalam melaksanakan pembelajaran yang matang. Sedangkan fungsi pelaksanaan dari RPP adalah memberikan pedoman agar pembelajaran dilaksanakan secara sistematis, dan pelaksanaan pembelajaran berjalan secara efektif sesuai dengan yang direncanakan, dan pembelajaran yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, Sangat jelas bahwa tujuan penyusunan RPP sendiri adalah agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan lebih efektif.

Adapun format RPP yang telah dirumuskan dalam berbagai kajian di Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Sebelas Maret (LPP UNS) :
1. Kompetensi Dasar (KD)
Kompetensi yang dirumuskan dalam RPP harus jelas. Semakin kongkrit kompetensi akan semakin mudah diamati, dan akan semakin mudah atau semakin tepat pula merencanakan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai kompetensi tersebut. Perlu diketahui bahwa beberapa materi standar mungkin memiliki lebih dari satu KD. Disamping itu, perlu ditetapkan pula fokus kompetensi yang diharapkan dari peserta didik sebagai hasil akhir pembelajaran. Kompetensi ini juga akan menjadi pedoman bagi pengajar dalam menentukan materi standar yang akan digunakan dan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk membentuk kompetensi peserta didik.

2. Materi standar
Materi standar yang dikembangkan dan dijadikan bahan kajian peserta didik harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya, mengandung nilai fungsional, praktis, serta disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan, institusi, dan daerah.

3. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran merupakan tahap-tahap kegiatan yang dilakukan oleh pengajar dan peserta didik untuk menyelesaikan suatu materi standar yang telah direncanakan oleh pengajar. Urutan kegiatan pembelajaran menggambarkan strategi pembelajaran yang telah ditentukan. Tahap kegiatan tersebut terdiri dari tahap PENDAHULUAN, tahap PENYAJIAN, dan tahap PENUTUP.

4. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan cara dalam menyajikan (menguraikan, memberi contoh, memberi latihan dan lain-lain) suatu bahan kajian kepada peserta didik. Tidak semua metode pembelajaran sesuai untuk digunakan dalam mencapai kompetensi tertentu. Oleh karena itu harus dipilih metode pembelajaran yang paling tepat untuk suatu kompetensi yang ingin dicapai. Berbagai contoh metode pembelajaran yang sering digunakan antara lain ceramah, diskusi, tanya jawab, simulasi, studi kasus, praktikum, seminar, demonstrasi, bermain peran dan lain-lain.

5. Media Pembelajaran
Segala sesuatu yang dapat menyalurkan atau menyampaikan pesan/informasi dari sumber pesan/informasi ke penerima pesan/informasi disebut media pembelajaran.Jadi dengan adanya media peserta didik dapat melihat, membaca, mendengarkan atau ketiganya sekaligus dalam menyerap berbagai informasi yang disampaikan oleh pengajarnya. Media tersebut dapat berupa alat-alat elektronik, gambar, buku dan sebagainya. Sedangkan alat pembelajaran adalah benda-benda atau alat-alat yang digunakan dalam pembelajaran sehingga memungkinkan terjadinya proses pembelajaran. Alat-alat itu tidak disebut media pembelajaran karena tidak dimaksudkan untuk membawa pesan.

6. Sumber Belajar
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk penggalian informasi. Sumber belajar ini dapat berupa dosen (sebagai nara sumber), buku teks, jurnal ilmiah, laporan penelitian, internet, dan lain-lain.

7. Alokasi Waktu
Jumlah waktu dalam menit yang dibutuhkan oleh pengajar dan peserta didik untuk menyelesaikan setiap langkah pada urutan tahap Kegiatan Pembelajaran.

RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Komponen-komponen dalam penyusunan RPP Kurikulum 2013 sesuai Permendikbud:
  1. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. kelas/semester;
  4. materi pokok;
  5. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. penilaian hasil pembelajaran.
Itulah sedikit penjelasan mengenai penting RPP dalam kegiatan pembelajaran. Selengkapnya mengenai file RPP pada link berikut ini.
RPP Kelas 3 tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pertumbuhan Hewan 1 2 3 4 5 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 DOWNLOAD

Itulah yang dapat Admin informasikan mengenai Pengertian dan Fungsi di buatnya RPP oleh seorang Guru. Hadirnya artikel ini Admin harapkan memberikan manfaat bagi Bapak dan Ibu dalam pembuatan RPP yang baik dan Benar dalam pembelajaran Kurikulum 2013 untuk Kelas III.

0 Response to "RPP Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel